PERTANYAAN :
1.)
Jelaskan persinggungan teknologi dengan
pendidikan
2.)
Bandingkan apa yang dibaca di buku (Santrock,
492-500) dengan pendidkan di lingkungan sekolah masing-masing
3.)
Apa yang dimaksud dengan ubiquitos computing dan pandangan masing-masing terhadap ubiquitos computing
JAWABAN :
1.)
Persinggungan antara teknologi dan pendidikan
terletak pada penggunaan teknologi edukatif yang membantu peserta didik dalam
mencari informasi tambahan. Selain itu, teknologi juga harus dikuasai
perkembangannya oleh pengajar untuk dapat membimbing murid untuk mendapatkan
informasi yang sesuai dengan bahan ajaran.
2.)
Standar pendidikan di buku John W. Santrock
dibandingkan pendidikan di lingkungan sekolah khususnya di sekolah
masing-masing :
TAMAN KANAK-KANAK (TK)
penggunaan tekonlogi pada masa TK sangat minim, hampir tidak ada teknologi yang digunakan secara aktif di masa itu dan pengajaran dilakukan dengan metode konvensional. Sedangkan pada standarnya, anak usia TK harus sudah menggunakan alat input dan output untuk mengoperasikan komputer.
SEKOLAH DASAR (SD)
penggunaan teknologi di masa SD sudah mulai dikenalkan dengan pengenalan computer, seperti apa itu mouse, keyboard,dll. Termasuk bermain games serta menggambar. Tapi, sebagian sekolah belum menerapkan system ini sehingga masih banyak yang belum “melek teknologi” di masa ini. Sedangkan pada standarny, teknologi sudah digunakan untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
penggunaan teknologi pada masa ini mulai dikenalkan dan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office dan pengenalan internet. Sedangkan pada standarnya harus sudah bisa mendesain, mengembangkan, dan mempublikasikan suatu produk.
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
penggunaan teknologi pada masa SMA lebih kepada penggunaan internet dan lebih mengerti pada penggunaan software. Sedangkan pada standarnya pelajar usia SMA seharusnya sudah bisa menggunakan informasi online secara rutin untuk kebutuhan riset dan komunikasi.
TAMAN KANAK-KANAK (TK)
penggunaan tekonlogi pada masa TK sangat minim, hampir tidak ada teknologi yang digunakan secara aktif di masa itu dan pengajaran dilakukan dengan metode konvensional. Sedangkan pada standarnya, anak usia TK harus sudah menggunakan alat input dan output untuk mengoperasikan komputer.
SEKOLAH DASAR (SD)
penggunaan teknologi di masa SD sudah mulai dikenalkan dengan pengenalan computer, seperti apa itu mouse, keyboard,dll. Termasuk bermain games serta menggambar. Tapi, sebagian sekolah belum menerapkan system ini sehingga masih banyak yang belum “melek teknologi” di masa ini. Sedangkan pada standarny, teknologi sudah digunakan untuk aktivitas pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri.
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
penggunaan teknologi pada masa ini mulai dikenalkan dan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office dan pengenalan internet. Sedangkan pada standarnya harus sudah bisa mendesain, mengembangkan, dan mempublikasikan suatu produk.
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
penggunaan teknologi pada masa SMA lebih kepada penggunaan internet dan lebih mengerti pada penggunaan software. Sedangkan pada standarnya pelajar usia SMA seharusnya sudah bisa menggunakan informasi online secara rutin untuk kebutuhan riset dan komunikasi.
3.)
Ubiquitos Computing
Perubahan penggunaan teknologi yang awalnya
pasif berubah menjadi aktif, dituntut oleh lingkungan dan dipengaruhi oleh
kemajuan teknologi.
Sementara itu, menurut pandangan kelompok kami
ubiquitos computing akan memudahkan pencarian informasi dimana saja dan kapan
saja serta kehadirannya tidak bisa dihalangi karena zamanlah yang menuntut
kehadiran dari ubiquitos computing.
0 komentar:
Posting Komentar