Selasa, 19 Maret 2013

Mengajar, Ahli Pedagogi, dan Paradigma Belajar


1.      Definisi
      Mengajar bermakna tindakan seseorang atau tim dalam memberi petunjuk atau menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, dan sejenisnya kepada subjek didik tertentu agar mereka mengetahui dan memahaminya sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Pengajaran adalah semua proses tindakan yang terjadi dalam kerangka kegiatan mengajar. Berikut adalah tabel yang menunjukkan perbedaan antara mengajar, pengajaran, belajar dan pembelajaran:

Mengajar
Belajar
Pengajaran
Pembelajaran
Merupakan tugas utama guru di dalam kelas (teacher centered), meski tanpa menafikan tugas siswa.
Merupakan tugas utama siswa, baik di dalam maupun di luar kelas.
Interaksi antara guru dnegan siswa, namun peran guru lebih dominan.
Interaksi antara guru dnegan siswa, namun keduanya memiliki peran penting, bahkan condong mengarah pada “berpusat pada siswa (student  centered)

2.      Menginspirasi Siswa
Berikut adalah karakteristik guru dengan kemampuan mengajar yang unggul :
ü  Ahli Pedagogis
ü  Komunikator yang unggul
ü  Mentor yang berpusat pada siswa

3.      Paradigma Belajar
Berikut adalah lima strategi belajar efektif yang dapat digunakan oleh guru: 
a.    Strategi I. Pelatihan dan pelatihan lanjut, yaitu mengmbangkan keterampilan dasar dan lanjutan dengan tujuan yang jelas, melaksanakan pembelajaran dengan langkah-langkah tertentu, dan memperhatikan setiap kemajuan.
b.      Strategi II. Ceramah dan menjelaskan, yaitu menyajikan informasi dengan cara ynag dapat dipahami, mudah diproses, dan diingat.
c.       Strategi III. Mencari dan menemukan, yaitu pembelajaran keterampilan berfikir, pemecahan masalah, dan kreativitas melalui penyelidikan dan penemuan.
d.   Strategi IV. Kelompok dan tim, yaitu berbagi informasi, bekerja secara kooperatif pada pembelajaran proyek, serta mengeksplorasi pendapat, dan keyakinan melalui proses kelompok.
e.  Strategi V. Pengalaman dan refleksi, yaitu mengaktifkan siswa untuk merefleksikan pembelajaran yang terjadi di lingkungan kerja dann kegiatan di luar ruangan.

Sumber:
Danim, S., & Khairil, H. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

0 komentar: