Nama Kelompok
Oktavia R.R. Putri ( 11-015 )
Yohana Chrisela ( 11-083 )
Christine Natalia Tarigan ( 11-127 )
Psikologi pendidikan
adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari, mengkaji perilaku individu,
kelompok dan sosial dalam situasi pendidikan. Pendidikan yang dimaksud adalah
pendidikan formal. Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni
persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen
utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang
dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan
fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang
besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.
Dalam perkembangannya, pendidikan mulai tidak bisa
dilespaskan dengan teknologi yang makin hari makin berkembang, sampai terkadang
tidak bisa satu persatu kita ikuti. Cara belajar dan pembelajarannya pun sudah
makin berkembang, yang awalnya belajar itu identik dengan tatap muka didalam
kelas berubah melalui media elektronik atau yang sering disebut e-learning
(dalam hal ini blog dan email). Penting atau tidak sih mahasiswa belajar
melalui media elektronik ? penting atau tidaknya mungkin itu subjektif. Tapi
segala sesuatu yang dibuat pasti memilki dampak positif dan dampak negatif.
Secara ringkas akan dipaparkan dampak positif dan dampak negative dari
kepemilkikan blog dan email bagi mahasiswa.
:) Dampak Positif
- Dengan
adanya blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi
Pendidikan, akan mempermudah proses belajar apabila dosen tidak bisa masuk ke
kelas.
- Membantu
mahasiswa untuk menjadi kreatif, yaitu dengan mengembangkan imajinasi mereka
untuk mengisi blog tersebut
- Mahasiswa
menjadi tidak gagap teknologi, seperti yang kita ketahui di Indonesia khususnya
di Medan sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan E-learning. Sebagai
mahasiswa harusnya kita juga sudah menggunakannya .
- Mahasiswa
juga dapat mengekspresikan diri melalui blog tersebut yang dapat mencerminkan
siapa diri mereka.
- Tugas-
tugas mahasiswa yang di posting ke blog, merupakan salah satu cara paperless ( hemat kertas ) yang berarti mengurangi global warming.
- Mahasiswa
juga lebih bisa bersosialisai dengan teman-teman yang ada di blog mereka,
contohnya bertukar informasi yang sedang In,
dll.
-
Penggunaan blog ini akan sulit bagi
mahasiswa yang tidak memilki komputer atau laptop, mereka harus pergi ke warnet
untuk mengakses blog tersebut.
- Terkadang jaringan pada Modem tidak
selalu bagus. Hal ini juga bisa menyulitkan mahaiswa dalam penggunaan blog
tersebut.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa penggunaan blog bagi mahasiswa yang
mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan memilki lebih banyak dampak positif
daripada dampak negatif dan akan lebih baik lagi jika adanya komunikasi atau
interaksi yang baik antara mahasiswa dan dosen dalamm penggunaan blog ini.
0 komentar:
Posting Komentar