Jumat, 12 April 2013

UTS 2012/2013


1. Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN.  
    Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21. 

RENCANA PENGAJARAN AWAL
  • Materi mengajar : flash card 
  • Subjek : 10-15 orang anak TK
  • Cara pengajaran:
           1. Belajar dengan menggunakan kartu bergambar.
           2. Gambar berupa buah-buahan dan mainan. 
           3. Anak diperlihatkan kartu bergambar, lalu menebak gambarnya. 
           4. Setelah itu anak disuruh untuk mencari benda asli dari gambar tersebut yang telah 
              disembunyikan di lingkungan sekolahnya.
  • Tujuan: untuk melatih anak mengerti dan mengingat suatu benda serta melatih motorik anak.
     Namun setelah berdiskusi dengan dosen pengampu, kami mendapat saran lebih baik jika survey tempat dahulu, memastikan jumlah subjek dan mencari tahu apa yang telah dipelajari subjek dan pengajaran seperti apa yang dibutuhkan subjek.

RENCANA PENGAJARAN AWAL (revisi)
  • Survey tempat ke TK Al-Hidayah
  • Subjek 15 orang
  • Materi pengajaran: flash card
  • Cara pengajaran:
          1. Belajar Bahasa Inggris menggunakan kartu bergambar
          2. Tema nya Api, setelah survey tempat dan meminta izin untuk mengajar di TK tersebut, 
              kami diberitahu oleh gurunya bahwa tema pembelajaran pada minggu itu adalah api, 
              sejauh ini anak-anak tersebut sudah pernah mendapatkan pembelajaran tentang Bahasa 
              Inggris (pengenalan alphabet, angka, buah, dan lain-lain).
          3. Gambarnya meliputi kembang api, korek api, mobil pemadam kebakaran, lilin, pemadam 
              kebakaran, dan api, yang ditampilkan melalui kartu bergambar.
          4. Anak disuruh menebak gambar lalu diajarkan mengeja huruf dari gambar tersebut.
              Dilakukan berulang-ulang agar anak bisa mengingat, setelah itu meminta anak untuk 
              mengeja sendiri. 



  • Tujuan pengajaran:
          1. Menambah kosakata Bahasa Inggris anak.
          2. Menambah wawasan anak tentang benda-benda yang berhubungan dengan api.




RENCANA PENGAJARAN (FLASH CARD) DIKAITKAN DENGANG PEDAGOGI PRAKTIS ABAD KE-21
  • Pedagogi Formal
           Salah satu prinsip pembelajaran anak usia dini dalam buku Sujiono adalah “Anak Berpikir 
           melalui Benda Konkret”. Dalam konsep ini anak harus diberikan pembelajaran dengan 
           benda-benda nyata agar anak tidak menerawang dan bingung. Anak akan lebih mudah 
           mengingat benda yang dapat dilihat dan dipegang.
  • Pedagogi Vernakular 
           Teori di atas kami aplikasikan melalui proses pengajaran dengan menggunakan gambar 
           berwarna sebagai pengganti benda asli, mengingat ada beberapa gambar yang tidak bisa 
           kami bawa langsung seperti pemadam kebakaran.
  • Studi Sistematik
           Proses pembelajaran kami lakukan secara sistematis yaitu melanjutkan pengajaran yang 
           telah dilakukan oleh guru di sana ( tema Api ), menyesuaikan dengan kebutuhan  anak-anak 
           disana, dan membangun lingkungan belajar yang aktif.
  • Pedagogi Progresif
           Dalam proses pembelajaran kami juga menggunakan teknologi yaitu sebagai pengganti 
           benda asli, kami menggunakan gambar dalam proses pembelajaran, gambar di print lalu di 
           laminating.

2.  Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran 
     kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan 
     fenomena kontemporer.

HASIL OBSERVASI
     Pengajaran dimulai pukul 09.00, diawali dengan berkenalan antara kami dan anak-anak Tk tersebut, bertanya kepada mereka sudah pernah belajar Bahasa Inggris atau belum, tanya tentang tema belajar mereka minggu ini, lalu menjelaskan maksud kedatangan kami. Setelah itu langsung memulai pengajaran, berikut adalah data yang saya dapatkan saat mengobservasi anak-anak di TK tersebut:
  • Menjawab salam dengan suara lantang
  • Mau menjawab jika ditanya
  • Berani tunjuk tangan saat ditanya
  • Aktif bertanya
  • Sebagian besar siswa mau menatap saat kami berbicara
EVALUASI BERDASARKAN TINJAUAN PEDAGOGI, TIK DAN KONTEMPORER
  • Pertanyaan Esensial
           Berdasarkan pengajaran yang kami lakukan pertanyaan esensialnya adalah Penilaian 
           kebutuhan ( materi belajar yang dibutuhkan saat itu adalah materi yang berhubungan 
           dengan api), Strategi (menggunakan media sebagai alat mengajar yaitu gambar). 
           Penggunaan  TIK ( menggunakan teknologi yaitu internet untuk mendapatkan gambar).
  • Pedagogi Efektif
          Jika dilihat dari sundut pandang kami dalam mengajar, pengajaran yang kami lakukan belum 
          cukup efektif, masih ada beberapa kesalahan, seperti cara penyampaian yang kurang luwes 
          dan kontak mata dengan siswa kurang intens. Tapi dalam hal menyemangati siswa agar mau 
          belajar sudah cukup baik, anak-anak tersebut mau aktif menjawab dan mengikuti instruksi 
          dari kami.
  • Pemikiran Reflektif
           Pembelajaran reflektif mengasimilasi pembelajaran baru, mengaitkannya dengan apa yang 
           mereka sudah ketahui, mengadaptasinya dan menterjemahkan pikiran ke dalam tindakan. 
           Dari hasil observasi saya, siswa disana sudah cukup reflektif dalam menerima informasi 
           baru, walaupun ada beberapa siswa juga yang masih pasif.
  • TIK
           Dalam hal ini kami memang tidak menggunakan internet karena anak-anak tersebut belum 
           mengenal internet, namun kami menggunakan TIK untuk mencarai bahan ajar yaitu gambar.
  • Kenikmatan belajar
           Menurut saya siswa di sana sudah cukup menikmati proses pelajaran yang berlangsung, 
           saat kami tanya apakah mereka ingin kami mengajar lagi di sana, mereka setuju dan ingin di 
           ajar Bahasa Inggris lagi.

3. Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi 
    USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan 
    Prinsip-prinsip  Paedagogis.
  • Proses pembelajaran sudah sistematis, ada buku sebagai pedoman.
  • Tugas yang diberikan seperti wawancara guru dan melakukan pengajaran membantu saya untuk lebih memahami apa yang ingin dicapai dari mata kuliah ini.
  • Dinamika kelas yang dibuat oleh dosen juga membantu kami untuk lebih rajin membaca.
  • Kuliah secara online membantu saya untuk lebih melek teknologi, walaupun ada kendalanya  yaitu jaringan internet yang naik turun.
  • Strategi pembelajarannya berpusat pada siswa, sehingga kami lebih aktif untuk membaca dan berpikir kritis (walaupun masih dalam proses belajar).
Sumber : Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta


0 komentar: