1. Uraikan secara singkat dan padat
proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN.
Beri ulasan atas
uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21.
RENCANA PENGAJARAN AWAL
- Materi mengajar : flash card
- Subjek : 10-15 orang anak TK
- Cara pengajaran:
1. Belajar dengan menggunakan kartu bergambar.
2. Gambar berupa buah-buahan dan mainan.
2. Gambar berupa buah-buahan dan mainan.
3. Anak diperlihatkan kartu bergambar, lalu menebak gambarnya.
4. Setelah itu anak disuruh untuk mencari benda asli dari gambar
tersebut yang telah
disembunyikan di lingkungan sekolahnya.
- Tujuan: untuk melatih anak mengerti dan mengingat suatu benda serta melatih motorik anak.
Namun
setelah berdiskusi dengan dosen pengampu, kami mendapat saran lebih baik jika
survey tempat dahulu, memastikan jumlah subjek dan mencari tahu apa yang telah
dipelajari subjek dan pengajaran seperti apa yang dibutuhkan subjek.
RENCANA PENGAJARAN AWAL (revisi)
- Survey tempat ke TK Al-Hidayah
- Subjek 15 orang
- Materi pengajaran: flash card
- Cara pengajaran:
1. Belajar Bahasa Inggris menggunakan kartu bergambar
2. Tema nya Api, setelah survey tempat dan meminta izin untuk mengajar di TK tersebut,
2. Tema nya Api, setelah survey tempat dan meminta izin untuk mengajar di TK tersebut,
kami diberitahu oleh gurunya bahwa tema pembelajaran pada minggu itu adalah
api,
sejauh ini anak-anak tersebut sudah pernah mendapatkan pembelajaran tentang
Bahasa
Inggris (pengenalan alphabet, angka, buah, dan lain-lain).
3. Gambarnya meliputi kembang api, korek api, mobil pemadam kebakaran, lilin, pemadam
3. Gambarnya meliputi kembang api, korek api, mobil pemadam kebakaran, lilin, pemadam
kebakaran, dan api, yang ditampilkan melalui kartu bergambar.
4. Anak disuruh menebak gambar lalu diajarkan mengeja huruf dari gambar tersebut.
Dilakukan berulang-ulang agar anak bisa mengingat, setelah itu meminta anak untuk
4. Anak disuruh menebak gambar lalu diajarkan mengeja huruf dari gambar tersebut.
Dilakukan berulang-ulang agar anak bisa mengingat, setelah itu meminta anak untuk
mengeja sendiri.
- Tujuan pengajaran:
1. Menambah kosakata Bahasa Inggris anak.
2. Menambah wawasan anak tentang benda-benda yang berhubungan dengan api.
2. Menambah wawasan anak tentang benda-benda yang berhubungan dengan api.
RENCANA PENGAJARAN (FLASH CARD) DIKAITKAN
DENGANG PEDAGOGI PRAKTIS ABAD KE-21
- Pedagogi Formal
Salah satu prinsip pembelajaran anak usia dini dalam buku Sujiono adalah “Anak
Berpikir
melalui Benda Konkret”. Dalam konsep ini anak harus diberikan pembelajaran
dengan
benda-benda nyata agar anak tidak menerawang dan bingung. Anak akan lebih
mudah
mengingat benda yang dapat dilihat dan dipegang.
- Pedagogi Vernakular
Teori di atas kami aplikasikan melalui proses pengajaran dengan menggunakan
gambar
berwarna sebagai pengganti benda asli, mengingat ada beberapa gambar yang tidak
bisa
kami bawa langsung seperti pemadam kebakaran.
- Studi Sistematik
Proses pembelajaran kami lakukan secara sistematis yaitu melanjutkan pengajaran
yang
telah dilakukan oleh guru di sana ( tema Api ), menyesuaikan dengan kebutuhan
anak-anak
disana, dan membangun lingkungan belajar yang aktif.
- Pedagogi Progresif
Dalam proses pembelajaran kami juga menggunakan teknologi yaitu sebagai
pengganti
benda asli, kami menggunakan gambar dalam proses pembelajaran, gambar di print
lalu di
laminating.
2.
Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses
pembelajaran
kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan
paedagogi, tik dan
fenomena kontemporer.
HASIL OBSERVASI
Pengajaran
dimulai pukul 09.00, diawali dengan berkenalan antara kami dan anak-anak Tk
tersebut, bertanya kepada mereka sudah pernah belajar Bahasa Inggris atau
belum, tanya tentang tema belajar mereka minggu ini, lalu menjelaskan maksud
kedatangan kami. Setelah itu langsung memulai pengajaran, berikut adalah data
yang saya dapatkan saat mengobservasi anak-anak di TK tersebut:
- Menjawab salam dengan suara lantang
- Mau menjawab jika ditanya
- Berani tunjuk tangan saat ditanya
- Aktif bertanya
- Sebagian besar siswa mau menatap saat kami berbicara
EVALUASI BERDASARKAN TINJAUAN PEDAGOGI,
TIK DAN KONTEMPORER
- Pertanyaan Esensial
Berdasarkan pengajaran yang kami lakukan pertanyaan esensialnya adalah
Penilaian
kebutuhan ( materi belajar yang dibutuhkan saat itu adalah materi yang
berhubungan
dengan api), Strategi (menggunakan media sebagai alat mengajar yaitu
gambar).
Penggunaan TIK ( menggunakan teknologi yaitu internet untuk
mendapatkan gambar).
- Pedagogi Efektif
Jika dilihat dari sundut pandang kami dalam mengajar, pengajaran yang kami
lakukan belum
cukup efektif, masih ada beberapa kesalahan, seperti cara penyampaian yang
kurang luwes
dan kontak mata dengan siswa kurang intens. Tapi dalam hal menyemangati siswa
agar mau
belajar sudah cukup baik, anak-anak tersebut mau aktif menjawab dan mengikuti
instruksi
dari kami.
- Pemikiran Reflektif
Pembelajaran reflektif mengasimilasi pembelajaran baru, mengaitkannya dengan
apa yang
mereka sudah ketahui, mengadaptasinya dan menterjemahkan pikiran ke dalam
tindakan.
Dari hasil observasi saya, siswa disana sudah cukup reflektif dalam menerima
informasi
baru, walaupun ada beberapa siswa juga yang masih pasif.
- TIK
Dalam hal ini kami memang tidak menggunakan internet karena anak-anak tersebut
belum
mengenal internet, namun kami menggunakan TIK untuk mencarai bahan ajar yaitu
gambar.
- Kenikmatan belajar
Menurut saya siswa di sana sudah cukup menikmati proses pelajaran yang
berlangsung,
saat kami tanya apakah mereka ingin kami mengajar lagi di sana, mereka setuju
dan ingin di
ajar Bahasa Inggris lagi.
3.
Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F.
Psikologi
USU
semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan
Prinsip-prinsip Paedagogis.
- Proses pembelajaran sudah sistematis, ada buku sebagai pedoman.
- Tugas yang diberikan seperti wawancara guru dan melakukan pengajaran membantu saya untuk lebih memahami apa yang ingin dicapai dari mata kuliah ini.
- Dinamika kelas yang dibuat oleh dosen juga membantu kami untuk lebih rajin membaca.
- Kuliah secara online membantu saya untuk lebih melek teknologi, walaupun ada kendalanya yaitu jaringan internet yang naik turun.
- Strategi pembelajarannya berpusat pada siswa, sehingga kami lebih aktif untuk membaca dan berpikir kritis (walaupun masih dalam proses belajar).
0 komentar:
Posting Komentar